lazada ID

Akhirnya KPU Umumkan Mursi jadi Presiden Mesir



Mursi Presiden Mesir - Setelah ditunggu-ditunggu dan diprotes massa, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesir menetapkan Muhammad Mursi sebagai pemenang pilpres putaran kedua. Ketua KPU Faruq Sultan mengumumkan pada Ahad (24/6) kemarin bahwa Mursi memenangi pilpres dengan 13,2 juta suara dari 26 juta pemilih. Sedangkan rivalnya, Ahmad Shafiq memperoleh 12,3 juta suara.

800 ribu surat suara dinyatakan tidak sah, sehingga calon presiden dari Ikhwanul Muslimin itu meraih 51,7 persen suara. Sedangkan Shafiq meraih 48,3 persen suara.

Kemenangan Mursi tercatat sebagai sejarah baru bagi Mesir. Mursi adalah presiden pertama negeri piramida itu yang berasal dari kalangan sipil. Presiden pendahulunya seperti Muhammad Najib, Gamal Abdul Nasir, Anwar Sadat dan Husni Mubarak, semuanya berasal dari militer.

Namun demikian, kemenangan Mursi ini bukan berarti bahwa militer akan mengurangi cengkeraman kekuasaan mereka. Perkembangan terakhir, militer Mesir membubarkan parlemen dan dapat menangkap siapapun yang dianggap merugikan negara. Militer, dalam masa transisi mengambil kekuasaan legislatif, juga dapat membuat konstitusi baru yang membatasi wewenang presiden.

Sementara itu, Bundaran Tahrir menjadi gegap gempita oleh pendukung Mursi menyusul diumumkannya tokoh Ikhwanul Muslimin itu sebagai pemenang pilpres. Selama beberapa hari terakhir, massa pendukung Mursi menduduki lapangan Tahrir menuntut diumumkannya hasil pilpres putaran kedua. [JJ/Rpb/Kmp/bsb]



Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger