lazada ID

Israel: Kemenangan Mursi adalah Fase Hitam dan Tragedi

Kekhawatiran Israel kini benar-benar terjadi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesir telah menetapkan Muhammad Mursi sebagai pemenang pilpres putaran kedua, Ahad (24/6).

Menurut laporan al-Alam Ahad (24/6), tak lama setelah pengumuman Mursi sebagai presiden terpilih, Israel menyatakan bahwa kemenangan tersebut merupakan fase hitam dalam sejarah hubungan Tel Aviv-Kairo. Rezim Israel juga menyebut kemenangan Mursi sebagai tragedi bagi Tel Aviv.

Salah satu sebab kekhawatiran Israel atas kemenangan Mursi adalah dibatalkannya perjanjian Camp David. Perjanjian yang ditandatangani tahun 1979 oleh Anwar Sadat, Presiden Mesir dan Menachem Begin, Perdana Menteri Israel itu merupakan kesepakatan perdamaian pertama pasca perang antara Arab dan Israel. Berpijak pada perjanjian itu pula banyak keuntungan yang diraih Zionis Israel dari Mesir, termasuk "kerjasama" impor minyak yang membuat Israel mendapat suplai minyak dari Mesir dengan harga sangat murah.

Perjanjian itu ditolak oleh umat Islam dan rakyat Mesir. Namun, pemerintah Mesir selalu bergeming. Selama masa berkuasa, Hosni Mubarak juga selalu berkomitmen dengan perjanjian tersebut, bahkan Mubarak memiliki hubungan intim dengan Israel. Berlanjutnya kesepakatan Camp David selalu menjadi prioritas Tel Aviv dan dinilai sebagai bagian dari keamanan Israel.

Selain perjanjian Camp David, kekhawatiran yang tak kalah besar bagi Israel adalah nasibnya menjajah di Palestina. Selama ini, Mesir menjadi mitra strategis Israel sehingga terkesan mendiamkan bahkan mendukung pendudukan negara Zionis tersebut atas Palestina.

Sedangkan Mursi merupakan tokoh Ikhwanul Muslimin, sebuah organisasi Islam yang dikenal sangat dekat dengan Palestina dan sangat keras terhadap Israel. Pada 14 April 1948, Ikhwanul Muslimin mengirim 10 ribu mujahid ke Palestina untuk bertempur melawan Israel. Pertempuran sengit itu membuat Israel terpukul, dan menjadikan negara Zionis itu sangat memperhitungkan kekuatan Ikhwan.[IK/Rpb/bsb]



Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger