lazada ID

Bocoran : Jika Mursi Menang, Sekelompok Kristen Lari ke AS


Menjelang pengumuman resmi hasil pemilihan presiden Mesir putaran kedua yang tinggal beberapa jam lagi, suasana tegang meliputi Mesir. Setidaknya, itu terjadi di kalangan Kristen. Mereka bahkan bersiap “melarikan diri” ke Amerika Serikat (AS) jika ternyata Mursi keluar sebagai pemenang.

Jos Strengholt, seorang rohaniwan Belanda yang tinggal di Kairo mengungkapkan, sekelompok Kristen siap hengkang dari Mesir menuju AS jika pengumuman hari ini memutuskan Mursi menjadi presiden terpilih.

Menurut Strengholt, mayoritas umat Kristiani Mesir memilih Shafiq pada pilpres kemarin. “Tapi karena sekarang ia tampaknya bakal kalah, suasananya sangat mencekam. Teman-teman sekelas dari teman-teman saya sudah siap hengkang. Kalau calon dari Ikhwan memang menang, dalam waktu beberapa hari mereka sudah di Amerika.”

Strengholt juga mengungkapkan, kalangan Kristen tersebut adalah pihak yang paling bergembira ketika Mahkamah Konstitusi membubarkan parlemen yang didominasi kubu Islam.

"Ketika pekan lalu, parlemen dibubarkan, jemaat di gereja saya datang dengan bersorak-bersorak," imbuh Strengholt seperti dikutip Hidayatullah, Ahad (24/6).

Ketakutan kalangan Kristen tersebut, menurut Strengholt, juga dipicu oleh bangkitnya Islamisme segera pasca revolusi, terutama setelah Ikhwanul Muslimin mendominasi parlemen.

“Parlemen baru terbentuk, Ikhwanul Muslimin tiba-tiba berkuasa di media, dan juga di jalanan. Jumlah pria berjengggot meningkat pesat. Di metro ada perempuan berkhotbah, semua orang harus mengenakan jilbab. Ini mengancam,” tambahnya.

Sebelumnya, kedua capres baik Muhammad Mursi dari Ikhwanul Muslimin maupun loyalis Mubarak Ahmad Shafiq telah mengumumkan bahwa pihaknya memenangkan pilpres. Tim sukses Mursi mengumumkan terlebih dahulu kemenangan kubunya, keesokan hari setelah pilpres usai. Beberapa hari kemudian menyusul tim sukses Shafiq mengklaim pihaknya memperoleh suara terbanyak. Siapakah yang akan diumumkan Komisi Pemilu sebagai pemenang pilpres dan apakah kalangan Kristen yang dimaksud Strengholt benar-benar akan hengkang ke AS? Kita tunggu beberapa jam lagi. [JJ/Hdy/bsb]


Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger