lazada ID

Sekolah Islam di Inggris Kebanjiran Peminat Hingga 25 Kali Kuota


Minat terhadap pendidikan Islam semakin berkembang di Inggris. Seiring meningkatnya jumlah muslim di negara itu, sekolah-sekolah Islam kebanjiran peminat. Meskipun telah dibuka sekitar 60 sekolah Islam dalam sepuluh tahun terakhir, kapasitas sekolah-sekolah itu belum mampu menampung jumlah pendaftar yang semakin banyak.

Orang tua Muslim Inggris yang mendaftarkan anaknya ke sekolah Islam harus menerima bahwa mungkin saja anaknya tidak bisa masuk. Pasalnya, begitu banyaknya jumlah pendaftar hingga di sekolah tertentu satu kursi diperebutkan oleh 25 calon murid. Misalnya pada sekolah Al-Hijrah di Birmingham.

Fenomena itu menjadi peluang besar bagi umat Islam di Inggris untuk mendirikan sekolah-sekolah Islam yang baru. Sayangnya, umat Islam di Inggris kini menghadapi aturan baru yang lebih ketat untuk membuka sekolah Islam. Setiap sekolah Islam yang baru didirikan harus menjalani pemeriksaan kurikulum oleh departemen pendidikan untuk bisa mendapatkan izin operasional.

Sejumlah sekolah Islam yang telah berdiri hanya tercatat sebagai sekolah fleksibel oleh pemerintah. Muridnya terdaftar sebagai home-educated.

"Jadi secara hukum kita seperti sekolah tambahan tapi selama seharian," kata Fatima D'Oyen, direktur pendidikan Manara, salah satu lembaga pendidikan Islam yang muridnya masuk tiga hari sepekan.

Kini terdapat sekitar 140 sekolah Islam di Inggris. Dari sebanyak itu, hanya 12 yang mendapatkan dana dari pemerintah. Lima sekolah diusulkan sebagai sekolah gratis, dan baru satu sekolah yang telah disetujui. Dibandingkan dengan penduduk Muslimnya yang kini hampir mencapai 2,5 juta jiwa, jumlah sekolah Islam itu memang jauh dari cukup. [AN/Rpb]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger