lazada ID

Mayoritas Rakyat Mesir Ingin Perjanjian dengan Israel Dibatalkan


Lebih dari separuh rakyat Mesir menginginkan perdamaian tahun 1979 antara Mesir dan Israel dibatalkan. Demikian hasil jajak pendapat yang dirilis Pew Research Center, Senin (25/4).

Menurut hasil jajak pendapat yang dilakukan 24 Maret hingga 7 April ini, 54 persen rakyat Mesir menginginkan perjanjian itu dibatalkan. Sebaliknya, hanya 36 persen rakyat Mesir yang mendukung mempertahankan perjanjian damai tersebut.

Perjanjian 1979 itu disoroti sebagai kebijakan yang tidak populer selama tiga dekade terakhir. Kebijakan presiden Husni mubarak itu juga dinilai banyak pihak menjadi kunci bagi kebijakan AS di kawasan Timur Tengah.

Meskipun perjanjian perdamaian telah berjalan selama tiga dasawarsa dan perdagangan terbatas terjadi antara kedua negara, pandangan rakyat Mesir terhadap Israel tetap masih buruk, terutama karena persepsi bahwa Israel menganiaya rakyat Palestina.

Jajak pendapat itu juga mengungkapkan bahwa sebagian besar rakyat Mesir optimis tentang masa depan negara mereka setelah revolusi 25 Januari, dan mereka berharap terciptanya demokrasi yang lebih besar di negara mereka.

Jatuhnya pemimpin otoriter Mesir dan munculnya angin segar demokrasi, bagaimanapun, dapat mengancam hubungan dengan Israel. [AN/EM]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger