lazada ID

Muhammadiyah Mulai Puasa Hari Ini, Pemerintah Besuk


Banyak umat Islam yang menginginkan awal puasa Ramadhan serentak bersama-sama sehingga nuansa persatuan umat lebih terasa. Namun, keinginan itu tidak terwujud di tahun ini. Muhammadiyah sejak jauh-jauh hari telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Jum'at, 20 Juli 2012, sehingga puasa Ramadhan dimulai pada hari ini.

"Insya Allah, nanti sore ketika matahari terbenam, bulan belum terbenam, masih di atas ufuk dan menurut perhitungan sekitar 1.30 derajat. Ini menunjukkan hilal telah datang. Inilah keyakinan Muhammadiyah. Maka, malam ini kita mulai tarawih dan besok puasa," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, Kamis (19/7).

Sedangkan pemerintah, melalui sidang itsbat Kementerian Agama (Kemenag) bersama puluhan ormas termasuk Nahdlatul Ulama' (NU) menetapkan awal bulan Ramadhan jatuh pada Sabtu (21/7).

Perbedaan penetapan awal Ramadhan terjadi karena Muhammadiyah menggunakan metode hisab, sementara Kemenag, NU dan sejumlah ormas lainnya memakai metode hisab dan ru'yat. Perbedaan dimungkinkan terjadi ketika posisi hilal berada di bawah dua derajat.

Menurut Muhammadiyah, meskipun di bawah dua derajat, asalkan posisi hilal telah di atas nol derajat berarti bulan telah berganti. Sedangkan menurut NU dan Kemenag, posisi hilal di bawah dua derajat berarti belum imkanur ru'yah (hilal belum memungkinkan dilihat). Dari 25 titik pemantauan di seluruh Indonesia, Kemenag mendapatkan hasil hilal tak terlihat, sehingga sidang itsbat memutuskan puasa Ramadhan mulai besuk (21/7).

Meskipun berbeda awal puasa, diharapkan umat Islam tetap menjaga persatuan dan saling menghormati. Karena menurut hadits Nabi, setiap ijtihad akan mendapatkan pahala. Jika salah mendapatkan satu pahala, dan jika benar mendapatkan dua pahala. [IK/Rpb/Kmp/bsb]


Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger