lazada ID

Dukungan Kelompok Islam ke Capres Ikhwan Mulai Mengkristal


Dukungan kepada Muhammad Mursi dalam pemilihan presiden (pilpres) Mesir putaran kedua terus mengalir. Kelompok-kelompok Islam yang pada putaran pertama 23-24 Mei lalu terpecah ke sejumlah capres, kini mulai mengkristal mendukung capres dari Ikhwanul Muslimin itu.

Partai salafi terbesar di Mesir, Hizb An-Nur, telah mengumumkan dukungannya kepada Mursi pada putaran kedua pilpres Mesir yang akan berlangsung 16-17 Juni mendatang.

"Komite Tinggi Hizb An-Nur mendukung Dr Mohammad Mursi sebagai presiden republik (Mesir) dalam putaran kedua" kata partai itu di akun Twitter resmi.

Sebelumnya, pada putaran pertama Hizb An-Nur mengusung capres Abu Futuh, yang tidak lain adalah mantan anggota Ikhwanul Muslimin. Abu Futuh menempati urutan keempat pada putaran pertama, di bawah Mursi, Shafiq, dan Sabbahi.

Selain Hizb An-Nur, kelompok-kelompok Salafi lainnya juga memberikan dukungan kepada Mursi. Selain salafi, kelompok Islam lainnya seperti Jama'ah Islamiyah yang telah mendirikan partai Al Binaa wa Al Tanmiyah juga menyatakan dukungannya kepada Mursi.

"…kami mendukung Mursi, meskipun mereka belum meminta kepada kami, karena kami lebih mengutamakan kepentingan negara di atas segalanya,” jelas Wakil pimpinan partai Al Binaa wa Al Tanmiyyah, Hassan Hamdi. Ia menambahkan, pihaknya mendukung Mursi pada putaran kedua, meskipun selama 30 tahun pihaknya berselisih dengan Ikhwan dan pada putaran pertama mendukung Abu Futuh.

Hasil pemilihan presiden (pilpres) Mesir putaran pertama menempatkan Muhammad Mursi dan Ahmad Shafiq di posisi pertama dan kedua. Secara resmi, komisi pemilihan mengumumkan Mursi dan Shafiq akan maju dalam pilpres putaran kedua, 16-17 Juni mendatang. Agaknya, pertarungan Mursi dan Shafiq adalah pertarungan antara kelompok Islam dan pro revolusi melawan kelompok sekuler dan status quo. [IK/Rpb/Hdy/bsb]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger