lazada ID

Kapal Perang Turki Akan Kawal Bantuan Ke Gaza, Israel Marah


Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Kamis (8/9), menyatakan akan mengawal kapal bantuan ke Jalur Gaza dengan kapal perang dan mencegah terulangnya serangan rezim Zionis Israel pada tahun lalu, yang menewaskan sembilan aktivis Turki.

"Kapal perang Turki berwenang untuk melindungi kapal-kapal kami yang membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza," kata Erdogan dalam wawancara dengan televisi Al Jazeera.

"Mulai sekarang, kita tidak akan membiarkan kapal bantuan diserang oleh Israel, seperti apa yang terjadi dengan Armada Kebebasan," tegas Erdogan.

Erdogan telah berjanji kepada Israel akan menambah lebih banyak sanksi lagi jika negara Zionis itu tetap bersikeras dengan sikapnya.

Dalam jumpa pers usai bertemu dengan Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero, Erdogan juga menegaskan bahwa Turki akan terus menempatkan sanksi lebih lanjut kepada Israel. Dia juga menjelaskan bahwa prosedur yang diberlakukan Turki saat ini hanyalah awal dari sanksi-sanksi terhadap Israel.

Hubungan Turki dengan Israel semakin memburuk pekan lalu setelah Israel menolak meminta maaf secara resmi kepada Turki atas serangan Mavi Marmara pada akhir Mei 2010. Setelah mengusir duta besar Israel Jum'at lalu (2/9), Pemerintah Turki juga membatalkan semua hubungan kerjasama dengan negara Zionis itu.

Kabar pengerahan kapal perang Turki untuk mengawal bantuan ke Gaza itu ternyata telah terdengar Israel sejak awal pekan ini. Israel mereaksi rencana itu dengan marah.

"Jika pemerintah Turki merealisasikan ancamannya dan mengirim pasukan angkatan laut ke dekat pantai Israel maka Ankara akan menerima konsekuensi yang berat," kata panglima militer Zionis kepada Menteri Pertahanan Ehud Barak. [AN/Hdy/Irb]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger