lazada ID

Erdogan: Mengakui Palestina Merdeka Adalah Kewajiban, Bukan Opsi!


Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan kembali menegaskan pembelaan kepada Palestina saat berkunjung di Mesir. "Mengakui negara Palestina bukan opsi, tapi suatu kewajiban," tegas Erdogan di markas besar Liga Arab di ibukota Kairo, Selasa (13/9).

Seperti diberitakan sebelumnya, Pihak Palestina telah mengajukan usulan kemerdekaannya ke PBB sekaligus menjadi anggota penuh PBB. Soal itu, PBB akan melakukan pemungutan suara bulan ini.

Sejauh ini Palestina hanya sebatas pengamat saja di Sidang Paripurna PBB. Amerika Serikat, suku tradisional Israel, bisa menghalangi keanggotaan Palestina di PBB melalui hak vetonya di Dewan Keamanan. Presiden Obama secara pribadi mengancam akan menggunakan hak veto itu.

"Sudah saatnya mengibarkan bendera Palestina di PBB. Biarlah bendera itu menjadi lambang perdamaian dan keadilan di Timur Tengah," kata Erdogan. Belakangan, perdana menteri Turki ini sering selisih pendapat dengan Israel soal nasib warga Palestina. Menurut Erdogan kasus Palestina adalah kasus martabat manusia.

Erdogan melakukan kunjungan beberapa hari di Afrika Utara. Ia juga memberi nasehat tentang Mesir baru yang harus bangkit pasca revolusi Arab.

Negara-negara yang dikunjungi Erdogan menggulingkan rezim-rezim lamanya tahun ini. Rezim Ben Ali di Tunisia (sejak 1987) digulingkan 14 Januari lalu, rezim Mubarak di Mesir (sejak 1981) digulingkan 11 Februari dan rezim Qaddafi di Libya (sejak 1969) digulingkan 23 Agustus. [AN/AFP/Rep]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger