lazada ID

Obama Minta Maaf Atas Jatuhnya Lagi Korban Sipil di Afghanistan


Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali meminta maaf atas kematian warga sipil Afghanistan. Dalam sebuah konferensi video selama satu jam dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Obama menyatakan permintaan maaf atas jatuhnya korban sipil terbaru oleh serangan udara pimpinan Amerika.

"Presiden menyatakan kesedihan atas jatuhnya korban sipil yang tragis, yang terakhir di provinsi Helmand," kata juru bicara Gedung Putih Jay Carney dalam jumpa pers Rabu (8/6).

Konferensi video Obama itu datang sepekan setelah Karzai mengeluarkan peringatan keras ke Amerika Serikat menyusul serangan udara pimpinan negeri paman Sam itu menewaskan 12 anak-anak dan dua perempuan di provinsi Helmand.

"Insiden seperti ini telah membunuh anak-anak dan perempuan Afghanistan," kata Karzai dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dari kantornya minggu lalu.

"AS dan pasukan NATO telah berulang kali diberitahu bahwa operasi sewenang-wenang mereka telah menyebabkan kematian dari warga Afghanistan yang tidak bersalah dan operasi tersebut melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan moral tetapi tampaknya seruan kami ini tidak didengar mereka," tambah presiden Afghanistan itu.

PBB mengatakan kematian warga sipil pada 2010 lalu naik 15 persen dibandingkan dengan tahun 2009, membuat tahun lalu tahun menjadi tahun paling mematikan bagi korban sipil sejak invasi pimpinan AS yang dimulai tahun 2001.

Ketegangan antara Washington dan Kabul semakin meningkat menyusul serangan udara terbaru yang lagi-lagi menyebabkan hilangnya nyawa tak berdosa. [AN/EM]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger