lazada ID

Diprediksi 45-47%, AKP Menangi Pemilu Turki untuk Ketiga Kalinya


Diprediksi 45-47%, AKP Menangi Pemilu Turki untuk Ketiga Kalinya - Beberapa jam lagi rakyat Turki akan menentukan pilihannya dalam pemilu parlemen 12 Juni hari ini. Sebagaimana dilansir Aljazeera hari ini (12/6), Journal of ACCION memprediksi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) akan kembali memenangi pemilu dengan suara 45 – 47 persen. Kemenangan ini merupakan kemenangan ketiga kalinya berturut-turut sejak 2002.

Partai berhaluan Islam pimpinan Erdogan itu sangat yakin akan memenangi pemilu dengan membawa platform " Turki 2023" dan menjadikannya sebagai materi kampanye. Target pembangunan dan kemajuan pesat Turki pada tahun itu bertepatan dengan dengan HUT keseratus Turki.

Di pihak lain, partai-partai nasionalis CHP dan MHP yang diprediksi menjadi nomor dua dan tiga, menghadapi resiko penurunan elektabilitas menjelang pemilu akibat skandal amoral. Namun, kemenangan AKP dimungkinkan bukan karena kasus-kasus itu. AKP menjadikan prestasi ekonomi sebagai materi utama kampanye. Andalan kedua materi kampanye AKP adalah demokratisasi. “Ekonomide, Demokraside,” demikian bunyi baliho dan spanduk AKP yang tersebar selama masa kampanye.

Dua periode kemenangan AKP sejak 2002 memang cukup signifikan mengubah Turki dari sisi ekonomi dan demokrasi. Pendapatan per-kapita Turki diprediksi naik mencapai tiga kali lipat pada akhir tahun ini dibandingkan 2002 ketika AKP menang kali pertama. Pengaruh Turki juga meningkat dalam percaturan global, terutama dalam hubungannya dengan dunia Islam. Awal tahun ini Perdana Menteri Erdogan juga melaunching proyek-proyek mercusuar di berbagai kota besar di Turki, menandakan kemajuan ekonomi yang dicapai Negara itu. [AN/bsb]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger