lazada ID

AS Tuntut Irak Ganti Dana Pendudukan


Dalam kunjungannya ke Irak bersama lima anggota kongres AS lainnya, Dana Rohrabacher menuntut pemerintah Irak membayar uang yang telah dihabiskan Amerika Serikat selama delapan tahun sejak invasi pimpinan Amerika tahun 2003. Demikian laporan Associated Press, Sabtu (11/6).

Anggota Kongres dari partai Republik itu mengemukakan tuntutannya dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Irak, Nuri al-Maliki. Dikatakannya bahwa suatu hari kelak ketika Irak telah "makmur" maka negara itu harus menyicil dana yang telah dibelanjakan AS selama masa pendudukan yang telah membawa “sesuatu” bagi Irak.

"Kami berharap akan ada pertimbangan untuk membayar sebagian dari ‘mega-dollar’ yang telah kami habiskan di sini dalam delapan tahun terakhir,” kata politisi asal California itu di depan para wartawan di kedutaan besar AS di Baghdad.

Rohrabacher enggan berkomentar bagaimana reaksi Perdana Menteri Irak mengenai hal ini. Padahal sebelumnya, pemerintah Irak menuntut Amerika Serikat membayar ganti rugi sebesar satu milyar dolar atas kerusakan akibat pendudukan.

Sementara itu, banyak pihak menilai tujuan invasi Amerika Serikat di Irak tidak terealisasi. Invasi AS telah menelan lebih dari satu juta korban tewas di pihak warga sipil Irak, tanpa kejelasan mengenai senjata penghancur massal yang sebelumnya menjadi alasan menyerang rezim diktator Sadam Husein. Saat ini sentimen anti-pasukan pendudukan di Irak juga terus meningkat. [AN/Irb]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger