lazada ID

Sudah Tak Muat, Pemerintah Stockholm Bangun Enam Masjid Lagi


Seiring dengan bertambahnya jumlah pemeluk Islam, jamaah masjid di Stockholm, Swedia juga semakin meningkat. Pemerintah Kota Stockholm berencana membangun enam masjid lagi setelah dua masjid yang ada tidak mampu menampung para jamaah.

Tiga masjid akan dibangun di Skarholmen, Rinkeby dan Tensta, sementara tiga masjid lainnya dibangun di pinggiran Stockholm, tepatnya di Haninge, Botkyrka, dan Nacka.

Daerah Stockholm saat ini hanya memiliki dua masjid yang mengakomodasi semua penghuni Muslim. Masjid pertama di Stockholm dibangun pada tahun 2000 setelah 20 tahun perdebatan.

Setelah berkonsultasi dengan tokoh agama Islam, Dewan Kota Stockholm setuju untuk mengubah bangunan kuno bekas stasiun pembangkit tenaga listrik menjadi sebuah masjid.

Bangunan kuno ini rancangan arsitek Ferdinand Boberg dan selesai tahun 1903. Konstruksinya dibuat terinspirasi oleh arsitektur Islam setelah Boberg berkunjung ke Maroko. Bahkan arah bangunan itu sengaja dibuat menghadap ke Makkah.

Pemerintah menjualnya kepada Asosiasi Islam pada 1996 namun konstruksi tertunda karena protes dan baru dimulai pada 1999. Pada 8 Juni 2000, masjid itu resmi dibuka. Sedang masjid kedua, Fittja, selesai pada 2007 untuk menampung etnis muslim Turki dan dibangun dengan gaya Turki. Khutbah diberikan dalam bahasa Turki dan Swedia. [AN/Hdy]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger