lazada ID

Pengamat: Kemenangan PKS Akan Terulang di Sumut


Pengamat politik FISIP USU Ahmad Taufan Damanik memprediksi, kemenangan PKS di Jawa Barat akan terulang di Sumatra Utara.

Seperti diketahui, Aher-Deddy yang diusung PKS secara mengejutkan memenangkan Pilgub Jabar hanya dengan satu putaran. Berdasarkan quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei, pasangan ini unggul dari 4 kandidat lain dengan perolehan suara lebih dari 32 persen. Hasil perolehan quick count Lembaga Survei Indonesia (LSI) misalnya, merilis pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar keluar sebagai pemenang. Aher mengantungi 33,21 persen suara, disusul Rieke 27,37 persen, dan Dede 25,39 persen.

Seperti dilansir Harian Analisa, Rabu (27/2), Ahmad Taufan menjelaskan, kemenangan Aher membuktikan para pemilih cenderung punya perspektif sederhana untuk menentukan pilihannya. Dalam pilkada, yang menjadi perhatian utama dari calon pemilih adalah sosok pribadi kandidat, juga track record kandidat selama ini, terutama di dalam pemerintahan.

Demikian pula masyarakat sudah sangat menyadari betapa bahayanya money politic, sehingga pasangan yang membagi-bagi uang pada masa pencoblosan akan rugi dua kali, yaitu uang yang dibagi diterima tapi coblosan diberikan kepada kandidat yang sudah berbuat.

“Mengenai partai pendukung, saya kira tidak terlalu mempengaruhi karena masyarakat juga memiliki penilaian yang sama terhadap semua partai. Karena itu, di berbagai survei juga terlihat, pemilih partai A atau B di Pemilu legislatif, ternyata tidak sepenuhnya memilih calon kepala daerah yang diajukan partai tersebut,” ujarnya.

Taufan menambahkan, fenomena di Jawa Barat menunjukkan masyarakat lebih melihat sosok dan track record kandidat, bukan partai pendukung. Fenomena ini juga diakibatkan kondisi partai yang cukup berjarak dengan masyarakat pemilih.

Kemenangan kandidat yang diusung PKS di Pilgub Jabar, menurut Taufan, juga bakal berimbas ke Pilgub Sumut. Masyarakat masih tetap akan memilih kandidat incumbent Gatot Pujo Nugroho, karena kandidat ini terbukti sangat popular dan sejauh ini punya elektabilitas tinggi di masyarakat.

“Prediksi saya, kemenangan PKS di Jawa Barat akan kembali terulang di Sumatera Utara. Sebab kandidat mereka Gatot Pujo Nugroho juga sangat disukai masyarakat dan terbukti punya kinerja bagus,” pungkasnya. [JJ/HA/Dkw]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger