lazada ID

Bantu Suriah, Saudi Galang $32,5 Juta dalam Sehari


Terpanggil untuk meringankan penderitaan warga Suriah, Arab Saudi menggalang dana bantuan kemanusiaan. Pada hari pertama penggalangan dana itu, terkumpul sumbangan hampir USD32,5 juta, kantor berita Saudi SPA melaporkan, Rabu (25/7).

Menurut panitia kampanye nasional untuk Suriah, penggalangan dana pada hari pertama berhasil mengumpulkan uang tunai sebesar SR121.771.811 atau sekitar US$32,5 juta. Jumlah itu belum termasuk sumbangan barang dalam bentuk perhiasan, emas, mobil, properti dan alat medis.

Sumbangan untuk Suriah tidak hanya berasal dari warga masyarakat, melainkan juga dari para petinggi negeri. Pada kesempatan itu, Raja Abdullah memberikan sumbangan SR20 juta (US$5,3 juta), Pangeran Mahkota Salman bin Abdulaziz SR10 juta (US$2,6 juta) dan Alwaleed Foundation SR5 juta.

Menurut Menteri Dalam Negeri Pangeran Ahmad bin Abdulaziz, penggalangan dana untuk Suriah berlangsung selama lima hari, sejak Senin (23/7) sampai Jumat (27/7).

Masyarakat Saudi tampak antusias dalam mendukung penggalangan dana untuk Suriah itu. Sejumlah orang tua mengajak anak-anaknya yang masih kecil untuk langsung memasukkan donasi ke kotak yang disediakan. Bahkan, ada orang tua yang mendandani anaknya dengan kostum bendera Suriah.

Ini bukan bantuan kemanusiaan pertama yang diberikan Arab Saudi untuk warga Suriah. Pekan lalu, para pengusaha Saudi mengirimkan rombongan truk pengangkut bahan makanan ke Yordania untuk para pengungsi Suriah. Konvoi kendaraan yang terdiri dari 13 truk berisi 312 ton bahan makanan, termasuk 10.000 paket sembako itu disalurkan lewat Bulan Sabit Merah Saudi.

Selain itu, Bulan Sabit Merah bersama Islamic Relief yang berpusat di Saudi (IIROSA) juga memberikan bantuan berupa tempat tinggal, bantuan medis dan makanan untuk para pengungsi Suriah yang berada di Libanon.

Hampir setengah juta rakyat Suriah meninggalkan kampung halamannya untuk menyelamatkan diri dengan pergi ke negara tetangga seperti Turki, Libanon dan Yordania. [IK/Hdy]



Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger