lazada ID

Prihatin Perceraian Tinggi, PKS Dirikan RKI


Prihatin Perceraian Tinggi, PKS Dirikan RKI - Jawa Timur (Jatim) menduduki peringkat pertama jumlah perceraian di Indonesia. Faktor utama penyebabnya, antara lain, tidak adanya keharmonisan rumah tangga, suami yang tidak bertanggungjawab, masalah ekonomi dan perselingkuhan.

Fakta itulah yang memantik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendirikan Rumah Keluarga Indonesia (RKI). RKI bertujuan memberikan konseling dan edukasi kepada masyarakat mulai pranikah, setelah nikah, hingga memiliki anak. Program tersebut diluncurkan serentak di seluruh Indonesia bersamaan dengan Hari Keluarga Nasional kemarin (29/6).

Ketua DPW PKS Jatim Hamy Wahjunianto mengatakan, pendirian RKI merupakan amanat partai yang digagas pada Mukernas 2011 Februari lalu di Jogjakarta. "Berdasar amanat tersebut, seluruh DPD se-Indonesia haris memiliki RKI. Hari ini di jatim kami meluncurkan RKI di enam titik. Yaitu Surabaya, Sidoarjo, Malang, Jember, madiun, dan Kediri," katanya saat launching RKI DPD PKS Surabaya di Taman Ria Kenjeran, kemarin.

Hamy menuturkan, tujuan RKI adalah mewujudkan ketahanan keluarga agar tidak rentan terhadap perceraian. Menurut data PKS, Jatim merupakan provinsi dengan angka perceraian tertinggi di Indonesia. Pada 2009, terdapat 82.729 pasangan yang bercerai. Angka perceraian tertinggi ada di Banyuwangi, yaitu 6.784 pasangan. Setelah itu, disusul Kabupaten Malang (6.716 pasangan), Kabupaten Jember (6.054 pasangan), Surabaya (5.253 pasangan), dan Blitar (4.416 pasangan).

Nah, berdasar fakta itulah, PKS menggagas RKI yang akan diisi tenaga-tenaga ahli dari partai berlambang bulan sabit kembar dan padi tersebut. "Kami berharap, persembahan dari PKS itu bisa bermanfaat bagi masyarakat. RKI terbuka bagi seluruh lapisan masyarakatdan seluruh layanannya gratis," jelas Hamy.

Kabid Perempuan DPD Surabaya Aning Rahmawati menambahkan, RKI akan diisi kegiatan berupa parenting school, seminar keluarga, diskusi panel, fosus group discussion, dan konseling. "RKI di Surabaya akan menargetkan pendampingan terhadap keluarga dari 31 kecamatan. Selain pembinaan, kami akan berjuang melalui regulasi dan anggaran," paparnya.

Launching RKI Surabaya di Taman Ria Kenjeran yang bersamaan dengan acara Family Day kemarin berlangsung meriah. Seribu keluarga kader PKS dari Surabaya hadir dan mengikuti berbagai acara. Diantaranya, lomba puisi cinta, lomba ayahku pemimpinku, kuis keluarga kompak, lomba estafet cinta, dan lomba keluarga mendongeng.

Puncak acara diisi dengan happening art yang diikuti seluruh kader PKS, yaitu istri cium tangan suami dan suami cium kening istri. Happening art itu merupakan simbol ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga asmara, yaitu assakinah, mawaddah, warahmah. [dew/c8/oni, Jawa Pos]
Recomendation
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 SEKILAS DAKWAH - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger